Yuk Intip Kuliner Kota Seribu Sungai, Banjarmasin


Kota yang tersedia di Pulau Kalimantan ini terbukti menjadi salah satu kota terpadat di luar Jawa. Potensi objek wisata dan kekayaan alam di kota ini pun lumayan kuat. Nggak heran kalau tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke kota satu ini.

Sesuai julukannya sebagai Kota Seribu Sungai, Banjarmasin kaya ajaran sungai baik besar maupun kecil. Tidak sedikitnya sungai pasti identik dengan kekayaan makhluk yang bernama ikan.

Ya, tidak sedikitnya sungai yang mengalir membikin habitat ikan di Banjarmasin lumayan tidak sedikit. Beberapa macam tipe ikan air tawar nasib di ajaran sungai yang ada di kota ini.

1. Nasi Kuning
Meski identik dengan soto banjar tapi tidak ada salahnya mencoba kuliner lain di kota ini, salah satunya nasi kuning. Nasi kuning di Banjarmasin adalah salah satu menu favorit sarapan. Hampir semua warung makan yang buka pada pagi hari rutin menyediakan makanan yang satu ini. Biasanya dikombinasikan dengan menu sarapan lainnya semacam lontong alias bubur ayam.

Beberapa warung menyaapabilan nasi kuning dengan bungkus daun pisang, beberapa memakai kertas pembungkus. Sedangkan untuk makan di tempat biasanya disaapabilan dalam piring. Lauk yang lazim disaapabilan dan menjadi ciri nasi kuning khas Banjar adalah ikan haruan. Tipe ikan ini terbukti menjadi lauk favorit. Haruan yang dalam bahasa Indonesia berarti ikan gabus diolah dengan bumbu habang (merah) khas Banjar. Opsi lainnya adalah hintalu (telur) dan ayam. Beberapa tempat menyediakan dendeng dan hati.

Apabila kamu sedang berkunjung ke Banjarmasin, tidak butuh jauh-jauh mencari nasi kuning. Begitu kamu keluar dari hotel, lalu kamu lihat kerumunan orang di suatu  warung di ujung jalan, maka bisa dipastikan ada warung nasi kuning. Adat mawarung masyarakat Banjar di pagi hari turut menyumbang maraknya warung nasi kuning di kota ini.

2. Sop Mutiara
Kuliner unik yang pertama ada Sop Mutiara. Dinamakan mutiara sebab sop ini disaapabilan dengan bakso kecil-kecil layaknya mutiara. Baksonya sendiri terbuat dari daging ayam giling yang dicampur dengan kentang dan bawang putih halus. Teksturnya lembut tetapi tidak selembut bakso ikan. Rasa sop mutiara ini gurih sebab adanya gabungan dari susu, tumbukan bawang merah dan pala. Sop mutiara ini biasa hadir pada saat perayaan imlek dan di acara-acara besar semacam ulang tahun dan pernikahan.
bjm

3. Soto Banjar
Hampir setiap daerah di Indonesia punya kuliner soto dengan cirinya masing-masing. Soto Banjar berkuah bening dan dimakan sama ketupat. Kalo ga pengen pake ketupat bisa request sama abangnya buat diganti nasi, namanya sehingga Nasi Sop. Yang unik, Soto Banjar ini dihidangkan sama sate ayam. Saya tau ini rada ga nyambung sih, dan ga ngerti juga gimana awal mulanya sehingga dihidangin pake sate. Tapi ini juga yang bikin kuliner ini unik.

4. Rumah Sambal Acan Raja Banjar
Dengan modal awal hanya Rp 100.000,- kita mengawali bisnis sambal yang bernama Sambal Acan Raja Banjar di Bulan Mei 2014, begitu kesaksian Aulia Abdi, sang pemilik Rumah Sambal Acan Raja Banjar alias tidak jarang disingkat ARB. Seusai beberapa kali uji coba kemasan, saat ini sambal ARB dikemas botol cantik dengan 6 varian rasa yaitu Binjai, Ramania, Terong Asam, Limau dan rasa Tempuyak dan Rambai. Seusai beberapa tahun menekuni bisnis sambal kemasan, akhirnya Aulia memutuskan untuk membikin rumah makan.

5. Bubur Ayam
Sama semacam lontong dan nasi kuning, bubur ayam juga menjadi menu mutlak warung-warung yang buka pagi hari. Walau sama bubur ayam, tapi ada yang tidak sama dengan bubur ayam di Banjarmasin. Apabila bubur ayam Bandung sedikit berkuah, maka bubur ayam Banjar tidak begitu. Bubur ayam di sini hampir tidak ada kuahnya. Hanya ayam, daun sop dan potongan cakwe. Biasanya ditambah irisan telur dan krupuk sebagai pelengkap.

6. Bingka
Yang terbaru ada kue terkenal dari banjar yaitu bingka. Dulu, kue bingka hanya bisa didapatkan saat bulan puasa. Kini, bingka bisa ditemukan di setiap pusat oleh-oleh di Banjarmasin. Rasanya yang lembut dan legit membikin siapa saja ketagihan Bela. Kalau ke Banjarmasin jangan lupa beli oleh-oleh ini ya!

7. Ketupat Kandangan
Sebetulnya aslinya bukan dari Banjarmasin, tapi Kandangan, salah satu kota yang berada di provinsi Kalimantan Selatan. Tetapi kuliner ini juga bisa dengan mudah anda temui di Banjarmasin. Ketupat kandangan biasanya disaapabilan dengan kuah santan yang telah  dimasak dengan rempah2 kemudian kuah tadi disiramkan ke iwak haruan yang dimasak dengan tutorial diasapi.
Diberdayakan oleh Blogger.