Tips Menjaga Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Kondisi janin di dalam kandungan harus dijaga dengan baik sejak memasuki trimester pertama. Untuk pertumbuhan dan perkembangan janin akan berjalan dengan baik jika Anda memenuhi berbagai kebutuhan nutrisinya. Ini tips untuk menjaga tumbuh kembang janin agar berjalan dengan optimal tanpa terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Pemeriksaan Rutin
Tips menjaga yang instan dan bisa dilakukan dengan mudah, namun sangat penting adalah pemeriksaan rutin. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengonsultasikan tentang janin Anda kepada dokter kandungan. Biasanya dilakukan dengan USG agar dapat melihat perkembangan dari janin. USG dilakukan pada tiap trimester untuk bisa melihat proses pertumbuhannya.
Saat melakukan pemeriksaan rutin, tekanan darah, berat badan, dan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh juga akan dilakukan. Jika ada kondisi yang mengganjal atau keluhan sampaikan kepada dokter dengan jelas untuk  bisa dicarikan solusinya.

Kebutuhan Asam Folat
Janin membutuhkan nutrisi yang cukup untuk proses tumbuh kembangnya. Asam folat merupakan kandungan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan asam folat ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi susu SGM khusus ibu hamil.
Anda bisa melihat rincian kandungan susu di generasimaju.co.id dan informasi lainnya terkait kondisi kehamilan. Kandungan asam folat ini bermanfaat untuk melindungi janin dari risko kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Jika janin kekurangan kandungan ini tentu saja akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangannya.

Pola Hidup
Ketika dalam kondisi yang sedang hamil, penting untuk Anda menerapkan pola hidup sehat. Tujuannya untuk menjaga kondisi janin agar selalu dalam keadaan sehat. Pola hidup yang harus diterapkan itu seperti tidak mengonsumsi makanan cepat saji dengan frekuensi yang berlebihan. Tidak merokok atau pun mengonsumsi minuman keras.

Anda juga harus menerapkan jam tidur yang normal yaitu selama 8 jam sehari. Tidak begadang di malam hari agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan fit. Terapkan jam makan secara teratur dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi. Pastikan nutrisi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan Anda dan janin di dalam kandungan.

Nutrisi yang seimbang itu didapatkan dari buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Anda juga boleh menambahkannya dengan mengonsumsi multivitamin yang terlebih dahulu dikonsultasikan dengan dokter. Tujuannya tentu saja agar aman untuk janin dan mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Berhati-hati Mengonsumsi Obat
Tips menjaga pertumbuhan dan perkembangan pada janin yang bisa diterapkan dengan berhati-hati mengonsumsi obat-obatan. Anda jangan sembarangan mengonsumsi obat karena dapat berisiko pada janin. Pastikan obat yang dikonsumsi dari resep dokter agar keamanannya terjaga.

Melakukan Olahraga
Tips menjaga kesehatan janin tentunya dengan menjaga kesehatan Anda. Ketika kesehatan Anda sudah terjaga kondisi janin juga akan dalam keadaan yang sehat-sehat saja. Pertumbuhan dan perkembangannya akan berjalan dengan optimal. Anda bisa melakukan olahraga seperti jalan pagi atau senam khusus ibu hamil.

Olahraga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hal ini tentu saja menjadi cara untuk melindungi janin di dalam kandungan agar terhindar dari berbagai macam risiko penyakit. Lakukan olahraga secara rutin setiap minggunya dengan estimasi waktu yang normal alias tidak terlalu lama.

Tips di atas ini tentu saja dapat Anda terapkan dengan mudah untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin agar berjalan optimal. Pastikan selama masa kehamilan tidak stres karena dapat mempengaruhi kondisi janin. Usahakan untuk selalu dalam keadaan rileks. Mintalah pasangan untuk membuat Anda rileks dan rajin mengonsumsi susu SGM generasimaju.co.id.
Diberdayakan oleh Blogger.