Cara Mendapatkan Tiket Murah Saat Lebaran

Mudik merupakan bagian dari tradisi masyarakat Indonesia terutama saat menjelang lebaran Idul Fitri. Setiap tahunnya para pemudik terutama dari kota-kota besar akan pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan sanak saudara. Para pemudik biasanya menggunakan transportasi umum berupa bus, kereta api bahkan pesawat. Dengan jumlah pemudik yang selalu membludak setiap tahunnya maka tak heran bila tiket-tiket transportasi selalu habis dan harganya selalu naik menjelang waktu mudik tersebut. Tak jarang para calon pemudik selalu berebut memesan tiket jauh-jauh hari agar tak kehabisan tiket murah. Tak perlu khawatir karena ada beberapa cara booking tiket murah saat lebaran yang bisa anda terapkan.

Meskipun menjelang musim mudik lebaran biasanya banyak harga tiket transportasi yang melonjak tajam namun masih ada promo lebaran yang membuat harga tiket menjadi lebih murah. Bagi anda yang berencana ingin mudik maka berikut ini akan dijelaskan cara memperoleh tiket murah saat lebaran yang bisa menambah wawasan anda.

1.    Mencari Tiket Jauh-Jauh Hari
Biasanya tiket transportasi akan dipesan sekitar 1-2 bulan sebelum lebaran. Tak jarang bila ada tiket promo maka dalam hitungan menit saja akan segera habis. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebaiknya silakan mencari tiket jauh-jauh hari. Lakukan pencarian dan pemesanan tiket setidaknya 5-60 hari sebelum lebaran. Sebab saat jauh-jauh hari biasanya tiket transportasi tersebut masih banyak tersedia. Selain itu silakan terus memantau website layanan pembelian tiket secara online supaya anda bisa lebih mudah menemukan tiket yang anda butuhkan.

2.    Memilih Maskapai atau Armada Transportasi yang Tepat
Tak hanya memperhatikan jadwal keberangkatan, anda sebaiknya perlu memperhatikan jenis maskapai atau armada yang digunakan. Sebab jenis maskapai atau armada akan berpengaruh pada harga tiket. Biasanya jika membeli jauh-jauh hari maka harga tiket jauh lebih murah atau masih dalam tarif normal dibandingkan mendekati hari raya. Bila anda memilih maskapai yang full service maka silakan membeli tiketnya tepat di hari lebaran karena harganya justru lebih murah.

3.    Mencari Tiket Secara Online
Bila dahulu pembelian tiket dilakukan melalui loket yang antri dan berjubel, kini membeli tiket transportasi bisa dilakukan secara online. Sikalan kunjungi situs penyedia booking tiket atau agen travel. Sebab biasanya banyak promo tiket yang disediakan oleh situs tersebut. Lakukan perbandingan harga dari beberapa situs atau agen travel untuk memperoleh harga terbaik. Terdapat pula aplikasi pemesanan tiket yang tak kalah praktis untuk mencari tiket yang anda butuhkan.

4.    Pilih Perjalanan Menjelang Dini Hari
Untuk memperoleh tiket lebaran dengan harga murah maka silakan memilih tiket dengan pemberangkatan menjelang dini hari. Sebab pada waktu tersebut jumlah peminatnya tidak begitu banyak. Dengan demikian tiket yang dijual biasanya juga lebih murah.

5.    Memesan Tiket dengan Jumlah Sedikit
Biasanya beberapa situs akan menyediakan promo tiket murah untuk pasangan atau penumpang tunggal. Bila anda memesan dalam jumlah banyak maka biasanya akan muncul keterangan sold out saat pemesanan. Namun bila memesan untuk 1-2 orang maka aka muncul keterangan jadwal hingga rutenya.

6.    Memesan Tiket Saat Malam Hari
Untuk memperoleh tiket harga murah maka silakan memesan saat tengah malam. Sebab saat tengah malam hanya sedikit yang mengakses situs pemesanan tiket online sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk memperoleh tiket murah lebaran.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara memesan tiket murah saat lebaran yang bisa menambah wawasan anda. Setelah memahami penjelasan di atas maka untuk anda yang berencana mudik pada lebaran tahun ini maka segera rencanakan booking tiket. Dengan begitu anda bisa memperoleh tiket yang anda butuhkan dengan harga yang lebih murah dibanding menjelang lebaran.
Diberdayakan oleh Blogger.