Simak Panduan Sewa Rumah Bagi Yang Belum Pernah Nginap di Villa Berikut Ini

Salah satu alternatif dalam memilih penginapan ketika libur bersama keluarga maupun rekan-rekan adalah dengan menyewa villa. Namun bagi yang belum pernah menyewa villa, tentu memerlukan referensi sebanyak mungkin guna mendapatkan penginapan dengan harga sewa villa yang sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Menyewa villa tidak jauh berbeda dengan menyewa properti lain untuk penginapan sementara seperti hotel. Namun untuk memilih villa yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan tidaklah sederhana. Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan karena fasilitas villa melebihi fasilitas hotel yang mudah ditemui.

Bagi pemula, panduan dalam menyewa villa sangat diperlukan agar mendapatkan villa sesuai dengan harapan, nyaman, aman dan harga yang sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Panduan Menyewa Villa
Berikut ini merupakan panduan-panduan dalam menyewa villa sebagai tempat persinggahan ketika berlibur.
1.    Mengetahui apa yang diinginkan
Sebelum melakukan pencarian villa, perlu menentukan seperti apa villa yang diinginkan. Biasanya, orang-orang yang ingin menyewa villa adalah mereka yang ingin merasakan liburan namun bisa menikmati daerah tersebut layaknya penduduk setempat dalam waktu yang biasanya cukup lama.
Beberapa pertimbangan agar mengetahui apa yang diinginkan dari menyewa villa adalah meliputi fasilitasnya, harga, kapasitas kamar, akses menuju lokasi, kestrategisan lokasi dan beberapa tambahan lainnya yang bersifat personal. Jika Anda sedang mencari villa di daerah destinasi wisata, pemandangan dan kestrategisan lokasi mungkin menjadi hal utama yang diinginkan.
Selain lokasi, desain villa atau model villa mungkin perlu diperhatikan. Gaya bangunan tertentu bisa menambah suasana liburan yang menyenangkan. Jika menginginkan suasana pedesaan yang sri, gaya bangunan tradisional cocok untuk dipilih.

Selain gaya bangunan, ukuran villa juga harus dipertimbangkan. Ukuran villa berpengaruh terhadap fasilitas yang ditawarkan juga harga yang ditawarkan oleh pemilik properti. Meskipun begitu, terkadang konsep villa minimalis lebih menarik bagi beberapa orang.
Untuk mempertimbangkan hal-hal di atas, perlu dilihat dari beberapa hal. Diantaranya adalah jumlah orang atau keluarga baik yang akan tinggal termasuk anak-anak, destinasi serta keadaan tempat tujuan.

2.    Preferensi harga atas kamar.
Sebelum mencari villa yang sesuai dengan kategori, perlu diketahui bahwa harga villa sangat tergantung terhadap kamar-kamar yang ada. Jika menyewa villa untuk liburan atau teman-teman, perlu mempertimbangkan kamar yang benar-benar digunakan.
Ini adalah salah satu tips untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Beberapa villa menawarkan potongan harga kepada penyewa yang menjelaskan perihal penggunaan kamar.

3.    Proses pemesanan villa
Dalam memesan villa, sebaiknya dipesan jauh-jauh hari. Jika memesan villa untuk menginap ketika puncak musim liburan tiba, biasanya harganya akan mahal jika memesan di menit-menit terakhir. Untuk itu, jika sudah memiliki tanggal yang pasti, segeralah melakukan pemesanan.
Pemesanan jauh-jauh hari biasanya akan mensyaratkan uang muka yang akan menjamin ketersediaan villa pada tanggal yang sudah dipesan.

4.    Siapkan budget
Persiapan terakhir adalah dengan menyiapkan budget. Namun sebelumnya, akan lebih baik jika mengetahui kisaran harga villa yang sesuai dengan kriteria yang dicari. Informasi kisaran harga villa bisa dicari melalui situs-situs jual beli dan sewa property. Mengetahui pasaran harga villa bisa membantu memperkirakan harga normal dari sebuah villa dengan kriteria tertentu.
Perhatikan bahwa ketika berencana untuk berlibur pada puncak hari libur maka harga biasanya akan naik. Artinya adalah perlu menambah sedikit budget untuk berjaga-jaga.

Panduan dalam Memesan Villa
Setelah mengetahui villa seperti apa yang diinginkan, tibalah saatnya untuk melakukan pencarian villa. Berikut ini panduan dalam memilih villa.
1.    Mencari villa
Setelah mempersiapkan beberapa hal di atas, sekarang saatnya berburu villa. Anda bisa mengandalkan situs-situs property untuk memeriksa villa yang tersedia. Jika menggunakan layanan seperti ini, pastikan gunakan situs yang memang sudah terbukti memiliki reputasi bagus dan dapat dipercaya.

Situs-situs jual beli dan harga sewa villa biasanya memberikan informasi mengenai villa yang tersedia dengan melalukan pencarian menggunakan fitur yang ada. Masukkan daerah dimana akan berlibur atau berkunjung, tipe penyewaan villa, fasilitas (jika ada) dan kisaran harga (jika ada) dengan menyaring pencarian sespesifik mungkin , maka akan lebih cepat mendapatkan hasil pencarian seperti villa yang diinginkan.

Jika terlalu spesifik dalam mencari dan mengakibatkan tidak ada hasil yang ditampilkan, perlu untuk mengubah penyaringan pencarian menjadi lebih umum.
Setelah hasil pencarian muncul, pilihlah berdasarkan informasi yang tertera. Cermati informasi yang tercantum dan pilihlah yang paling mendekati kriteria villa yang ingin dicari. Buatlah daftar jika ingin mempertimbangkan lebih dari satu villa.

2.    Menghubungi pemilik dan bertanya
Setelah menemukan villa yang sesuai dengan kriteria, hubungi pemilik villa dan mulailah menanyakan beberapa pertanyaan penting. Tanyakan apapun yang berkaitan dengan keadaan villa, keamanan serta hal-hal kecil lainnya yang penting termasuk apakah lokasinya aman untuk anak-anak, akses ke kota dan fasilitas kecil yang diberikan oleh pemilik. Ini meliputi ketersediaan handuk, selimut dan lain-lain.

Selain menanyakan mengenai kondisi villa, tanyakan juga mengenai pembayaran, persyaratan booking serta urusan lainnya yang berkaitan dengan administrasi. Tanyakan adanya biaya tambahan jika dirasa perlu agar bisa menyesuaikan dengan budget yang ada.

Jangan lupa untuk memeriksa review atas pelanggan yang pernah singgah di villa tersebut. Reputasi yang baik tentu akan membantu untuk menemukan yang sesuai dengan idaman. Memeriksa review bisa dilihat di situs tersebut, bertanya kepada teman serta bertanya kepada  penduduk sekitar ketika melakukan kunjungan.

3.    Memeriksa villa
Salah satu kunci mendapatkan villa yang sesuai dengan keinginan adalah dengan mengunjungi villa tersebut sebelum melakukan pembayaran. Dengan mengunjungi langsung villa yang akan disewa, maka bisa mengetahui fasilitas dan bisa memperkirakan harga yang sesuai dengan apa yang ada di sana. Memeriksa bangunan, fasilitas dan lokasi sekitar sangat penting jika keamanan dan kenyamanan adalah apa yang dicari.

Jika merasa perlu melakukan negosiasi, lakukanlah negosiasi dengan wajar. Jika melihat peluang untuk menurunkan harga, maka gunakanlah dengan baik.

4.    Melakukan pembayaran
Jika salah satu villa merupakan villa yang diimpikan dan harganya pun sesuai, booking terlebih dahulu untuk mengamankan ketersediaan villa pada hari yang telah ditentukan. Pemesanan lebih awal biasanya dikenakan uang muka terlebih untuk menjamin pemesanan yang dilakukan.

Ketika akan melakukan pembayaran, pastikan membaca kontrak perjanjian. Pahami dengan baik isi perjanjian secara tertulis tersebut dan jika setuju, tanda tangani kontrak tersebut. Kontrak perjanjian memungkinkan Anda untuk mengetahui banyak hal mengenai penyewaan villa tersebut. Dalam surat kontrak, biasanya terdapat informasi yang lebih lengkap dan jelas termasuk mengenai biaya lain seperti listrik, air, maupun perawatan villa.

Kontrak perjanjian juga berisi mengenai aturan yang berlaku dan harus ditaati, kebijakan mengenai kerusakan ketika menyewa dan penjelasan lainnya yang lebih lengkap. Setelah dirasa yakin, jangan lupa meminta kontak atau nara hubung mengenai property tersebut jika kemudian hari ada yang ingin ditanyakan. Beberapa agen properti menyiapkan fasilitas keamanan tersendiri yang bisa dihubungi kapan saja jika membutuhkan bantuan berkaitan dengan keamanan.

Demikian tips dalam menyewa villa bagi pemula yang ingin mencoba pengalaman yang cukup mahal ini. Diharapkan uraian di atas bisa mempermudah dalam menyewa villa ketika liburan tiba.
Diberdayakan oleh Blogger.